Rabu, 27 Februari 2013

Apa itu DJ samples loops?



Pertama - tama saya akan menjelaskan perbedaan antara samples dan loops.

Apa itu Samples? 
Samples adalah suatu file yang berisikan suara / instrument dari alat - alat musik (bisa drum, bass, synth, guitar, piano lead, cymbal dll) atau bisa juga suara - suara yang lain (suara angin, teriakan, FX, dll) sample biasanya dibuat hanya dalam 1 Beat - 2beat (yang lebih dari 1 beat bisanya sample FX).

Apa itu Loops? 
Loops adalah gabungan dari sample - sample yang ada, loops bisa memiliki durasi dari 4 bar, 8 bar, 16 bar bahkan 32 bar (dalam 1 bar ada 4 beat), biasanya loops di bagi menurut genrenya, ada Loops Drum, bass, synth, guitar, dll  untuk membuat lagu pop, rock, hip-hop, house, orchestra, dll. Loops bisa di pakai secara berulang - ulang dalam satu lagu.

Bagaimana cara menggunakannya? 
Cara menggunakan sample dan loop ada berbagai macam. Banyak producer musik menggunakan aplikasi DAW. Saya biasa menggunakan loops dan sample di aplikasi DAW Ableton dan juga di Controller DDJ SX. Bila berminat untuk mempelajari nya melalui Ableton bisa menghubungi saya hehehe...
Atau ada yang mau belajar menggunakan FL Studio bisa mampir blog mas DJ Hendryal.






Bagaimana cara mendapatkannya?
Ada berbagai macam loops dan samples yang tersebar di internet ada yang free ada juga yang komersil.
Bila berminat dengan Samples dan Loops yang berbayar kalian bisa mengunjungi langsung situs dari pembuat sample dan loop seperti Loopmasters dan Producer loops atau toko online penjual loop seperti Big Fish Audio dan Platinum Loops.






Sedangkan contoh Basic Samples yang bisa kalian download free klik saja disini. Untuk contoh drum loops tinggal di klik genre yang kalian suka Hip - hop, Tribal, Pop, House, Dutch, Dubstep. karena hanya contoh Semuanya royalty free.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar